Wednesday 6 November 2013

Hunter Moon Dan Hujan Meteor Orionid 2013


Bulan purnama Oktober (Hunter’s Moon) terjadi pada tanggal 18-19 Oktober 2013.Fenomena itu merupakan kabar buruk bagi penggemar hujan meteor.Pasalnya,Hunter’s Moon terjadi hanya beberapa hari sebelum tanggal perkiraan puncak hujan meteor Orionid.Puncak hujan meteor Orionids akan terjadi dari tengah malam sampai fajar pada tanggal 20-22 Oktober dan diperkirakan cahaya Bulan akan sedikit memudar karena memasuki fase Bulan cembung.Namun ada Bulan atau tidak,hujan meteor Orionid paling diharapkan jatuh pada larut malam sebelum fajar pada hari Senin, 21 Oktober.

Waktu Terbaik Melihat Hujan Meteor Orionids

Waktu terbaik untuk melihat meteor Orionid antara tengah malam (pukul 01:00) sampai waktu fajar tanggal 20, 21 dan 22 Oktober 2013.Waktu terbaik tersebut berlaku pada semua zona daerah dunia.Tapi tahun 2013 ini,anda mungkin tidak dapat melihat banyak meteor karena cahaya bulan yang terang akan mengganggu.Namun anda masih mungkin melihat lesatan meteor yang terang dibawah sinar bulan.

Titik Pancaran Hujan Meteor Orionids

Titik Pancaran Hujan Meteor Orionids terletak dari bawah bintang Betelguese di rasi Orion si Pemburu dan bergerak sangat cepat dibanding meteor lainnya. Diperkirakan untuk para pengamat di langit selatan,  waktu yang pas untuk menikmati hujan meteor Orionid ini berkisar antara pukul 00.00 – 05.00 wib ketika Rasi Orion sudah berada cukup tinggi di atas horison dan bisa dilihat datang dari arah Timur Laut.

Planet Yang Terlihat Saat Hujan Meteor Orionids 2013

Planet Jupiter terbit di timur pada larut malam, dan planet Mars juga terbit di timur setelah tengah malam.Jupiter akan muncul dekat dua bintang terang rasi Gemini,Castor dan Pollux sedangkan planet Mars bersinar dekat dengan Regulus, bintang paling terang di konstelasi Leo.

Darimana Asal Hujan Meteor Orionids?

Bumi melintasi orbit Komet Halley setiap tahun pada bulan Oktober. Meteor Orionids berasal dari puing-puing komet ini yang masuk atmosfer bumi dan menguap saat jatuh.

Berapa Banyak Meteor Yang Akan Terlihat Pada Hujan Meteor Orionids 2013?

Jumlah meteor yang akan Anda lihat dalam hujan meteor sangat bervariasi,tergantung pada kapan dan di mana Anda melihatnya. Hujan meteor tidak sepenuhnya dapat diprediksi.Pada malam di saat bulan tidak nampak,anda dapat melihat sekitar 25 meteor per jam, atau satu meteor setiap beberapa menit, selama puncak Orionid.Jangan biarkan bulan meredam semangat Anda.

No comments:

Post a Comment